Tinggalkan komentar

Sang Penakluk Lintas Pacu PON 2008

Taukah anda bahwasanya salah seorang mahasiswa geologi, pernah menorehkan hasil memuaskan di ajang Pekan Olahraga Nasional membawa nama Jawa Tengah dalam bidang sepatu roda?  Ya, dialah  Reza Pradana mahasiswa teknik geologi angkatan 2009 yang mampu meraih peringkat runner up pada ajang PON 2008. Disela – sela acara LKMM Pradasar, di Gedung Sukowati pekan lalu, Pandu Novandi salah seorang reporter dari komunitas jurnalistik geologi, Pijar berkesempatan berbincang – bincang dengan salah seorang petinggi PSDM yang pernah berprestasi di bidang olahraga tingkat nasional itu.

PIJAR: Prestasi apa saja yang pernah anda raih dibidang sepatu roda?

Reza: Dulu sih, pertama aku ikut kompetisi sekitar tahun ’96, dulu itu aku dapet juara I antar klub se – jawa, dan sekitar tahun 2004 aku pertama kalinya masuk PON walau cuma jadi finalis. Baru di PON 2008 aku dapet predikat runner up. Hehehe

PIJAR: Bagaimana perasaan anda waktu menyandang juara di ajang PON 2008?

Reza: yaa.., puas bangetlah. Rasanya kerja kerasku selama ini terbayarkan banget. Apalagi waktu naik podium dan diputer lagu Indonesia Raya, rasanya campur aduk deh, seneng, merinding dan penuh haru.

PIJAR: Untuk masalah latian, dulu belajar darimana, autodidak atau ada pelatih khusus?

Reza: Awalnya aku seneng aja main sepatu roda, lama – lama pengen nyeriusin dan coba masuk klub Jawa Tengah. Waktu di klub ada pelatih khususnya gitu dan sudah ahli di bidang sepatu roda pastinya, dan akhirnya teknik – teknik bermain sepatu rodaku makin jago deh. Hehehe

PIJAR: Kenapa dulu olahraga yang anda pilih sepatu roda, bagaimana anda memulainya dulu?

Reza: Dulu awalnya karena aku mengidap suatu penyakit, dan akhirnya dokter menyarankan aku untuk olahraga secara intensif. Pertama kali aku liat sepatu roda tuh kayaknya asik. Jadi jatuh cinta pada pandangan pertama gitu deh sama olahraga ini. Aku udah mulai olahraga sepatu roda sejak umur 4 tahun.

PIJAR: Kesan yang paling berharga yang anda dapat ketika menjadi atlet nasional?

Reza: Ya, dapet pengalaman baru itu udah pasti. Sama kita pernah ngerasain gimana rasanya menang dan kalah. Ikatan antar peserta tim yang kuat, saling bantu membantu jadi kesan berharga sendiri yang aku dapet di klub. Tau rasanya berkompetisi secara sehat dan terkadang musuh kita di lomba pun bias jadi temen yang baru buat kita.

PIJAR: Apakah anda pernah mengalami kecelakaan, sewaktu mendalami olahraga ini?

Reza: Ya jatuh luka – luka itu udah biasa banget. Sering banget jatoh dari luka lecet sampai yang paling parah tuh dulu waktu masih sekolah aku pernah vakum 4 bulan sampe harus pake tongkat buat bantu jalan.

PIJAR: Apakah dukungan supporter berpengaruh besar terhadap mental anda sewaktu berlomba?

Reza: Sebenernya yang paling berpengaruh buat aku sih motivasi dari diri sendiri, keluarga besar, dan juga dukungan dari teman – teman satu tim.

PIJAR: Apa tanggapan anda tentang SEA GAMES yang sedang berlangsung saat ini? Reza: Indonesia gak kalah kok sama negara lain, karena di tingkat Nasional pun, atlet – atlet kita berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Pesanku sih atlet – atlet kita jangan pada minder sama apa yang kita punya, kita gak kalah kok sama negara – negara lainya.

PIJAR: Apa tips dan harapan dari anda untuk kemajuan Magmadipa di bidang olahraga?

Reza: Tekuni apapun olahragamu dan harumkan nama geologi! Kalo kamu mau terjun dibidang sepatu roda, jangan lupa safety first! Semua itu mulai dari nol, jadi jangan kapok untuk mencoba. Yang penting tuh siap kalah dan menang, there’s no hard work, there’s no glory!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: