Tinggalkan komentar

Ketua Jurusan Teknik Geologi

Teknik Geologi Universitas Diponegoro merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Pada awal berdirinya, jurusan Teknik Geologi ini sudah banyak sekali menuai prestasi yang cukup membanggakan, namun dibalik dari prestasi dan seluruh hal yang membanggakan yang dibuat oleh mahasiswanya tersebut, tidak akan pernah lepas dari peran dosen yang hebat juga, salah satunya ialah Ketua Jurusan Teknik Geologi, beliau bernama Bapak Ir. Dwiyanto Joko Suprapto, M.T., dan berikut ini adalah sedikit biografi beliau.

Beliau lahir di Klaten, 10 September 1951. Merupakan ketua Program Studi Teknik Geologi, Universitas Diponegoro sejak tahun 2004 (pada saat pertama kali berdiri) sampai sekarang. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Sekretaris Laboratorium Geologi Teknik Sipil Universitas Diponegoro (2001 – 2004). Beliau menyelesaikan pendidikan S-1 Teknik Geologi Universitas Gajah Mada (UGM) tahun 1980 dan S-2 Rekayasa Pertambangan Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1995. Selain aktivitasnya mengajar sebagai dosen, ternyata Beliau, masih aktif tergabung dalam berbagai organisasi profesional, seperti : Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI), Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia, Himpunan Ahli Pertambangan Indonesia, Persatuan Insinyur Indonesia, Dewan Riset Daerah Provinsi Jawa Tengah (2010 – 2015).

Seperti dikatakan sebelumnya, bahwa beliau merupakan ketua jurusan yang sekaligus bertindak sebagai dosen. Pada Program Studi Teknik Geologi beliau mengampu mata kuliah seperti : Geologi Fisik, Mineralogi, Geologi Struktur, Geologi Teknik, Manajemen Proyek, Geologi Eksplorasi Tambang, Mekanika Batuan, dan Teknik Pemboran.

Selain mengajar beliau juga menulis beberapa Jurnal Ilmiah dan penelitian, seperti : Analisis Balik Menggunakan Data Konvergen Studi Kasus di Terowongan PLTA Tulis Jawa Tengah (1995), Kajian Potensi Air Tanah untuk Pembangunan PLTU PT. Pura Barutama Kudus (2005), Slope Strengthening with Grouting Case Study at Graha Candi Golf Resident (2007). Prestasi beliau berikutnya yang tak kalah penting ialah, beliau merupakan Master Geologi Teknik yang masuk dalam 3 besar di Indonesia yang berpengaruh, banyak sekali proyek-proyek yang berkaitan dengan geologi teknik yang diselesaikan Beliau, salah satunya ialah perbaikan jalan tol Semarang-Yogyakarta yang sempat retak akibat kesalahan pembangunan.

Masih banyak sekali prestasi gemilang yang dipunyai Beliau, itu sebabnya mahasiswanya pun juga banyak yang menuai prestasi seperti beliau, semoga lebih memotivasi teman teman, bahwa Beliau yang sekarang sudah berumur jauh di atas kita masih terus memiliki prestasi dan aktif di beberapa organisasi, jadi kitapun jangan kalah dari beliau, “Buatlah hal yang berguna bagimu sendiri dan orang lain selama kau masih hidup”.(mbp)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: